Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau

EMAIL : info@unidayan.ac.id
PHONE : (0402)2821138
 DOSEN UNIDAYAN MENERIMA BEASISWA DOKTOR DI THE ENGLISH AND FOREIGN LANGUAGES (EFL) UNIVERSITY, HYDERABAD INDIA.

DOSEN UNIDAYAN MENERIMA BEASISWA DOKTOR DI THE ENGLISH AND FOREIGN LANGUAGES (EFL) UNIVERSITY, HYDERABAD INDIA.


artikel-dosen-unidayan-menerima-beasiswa-doktor-di-the-university-foreign-language-hyderabad-india-2018-10-17-1539749604.jpeg

Ibu Nani Cahyani, S. Pd, M. Hum (tengah) bersama rekan-rekan mahasiswa S3 di EFL University


Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN) Baubau terus berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, khususnya tenaga dosen. Peningkatan kualitas dosen dan staf akan berpengaruh tehadap peningkatan kualitas mahasiswa, para lulusan dan juga Institusi itu sendiri.

 Belum lama ini (Agustus 2018), seorang Dosen di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), program studi Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan beasiswa dari Pemerintah India untuk melanjutkan studi S3 di The English and Foreign Languages (EFL) University, Hyderabad, India. Lewat serangkaian tes yang ketat dan kompetitif, dosen kelahiran Lanto Baubau, ini berhasil meyakinkan Indian Council for Cultural Relations (ICCR) sebagai pengeloa beasiswa pemerintah India, bahwa Beliau adalah kandidat yang tepat untuk program ini.

 “Saya mengirimkan secara daring semua dokumen yang dipersyaratkan oleh beasiswa ICCR (Indian Council for Cultural Relations). Beberapa persyaratan tersebut yaitu surat rekomendasi dari atasan, aplikasi pendaftaran yang sudah diisi lengkap, Passport, sertifikat TOEFL sengan skor minimal 550, sinopsis penelitian, dan beberapa dokumen lainnya”, demikian dikatakan oleh Ibu Nani Cahyani ketika ditanya mengenai berkas yang dibutuhkan untuk mendapat beasiswa ini.

“Setelah mengirimkan secara online semua dokumen yang dibutuhkan oleh beasiswa tersebut, kita menunggu apakah dinyatakan lulus atau tidak, kemudian kita diundang untuk tes wawancara di Kedutaan Besar India di Jakarta. Alhamdulillah, setelah menunggu sebeberapa minggu, saya dinyatakan lulus melalui email” tuturnya.

Sejak beberapa minggu lalu, Ibu Nani Cahyani sudah berada di Hyderabad, India memulai program doktornya di bidang English Language and Literature. Lewat pesan singkatnya, Beliau menyampaikan bahwa sebagai Dosen, peningkatan kualitas diri dan keilmuan adalah hal tidak bisa ditawar lagi. “Kita ingin memberi yang terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat umum, karenanya kualitas diri dan keilmuan harus selalu kita tingkatkan. Studi di luar negeri bukan sekedar mimpi tapi usaha dan doa yang tiada henti. Semoga kedepan generasi muda di kota Baubau bisa mendominasi melanjutkan pendidikan diberbagai perguruan tinggi di luar negeri.” Tutupnya lewat pesan singkat.

Saat ini Unidayan memiliki 13 dosen dengan kualifikasi doktor. Dalam waktu dekat, jumlah ini akan bertambah secara signifikan sebab saat ini ada 19 dosen yang sedang lanjut S3. Peningkatan kualitas dosen ini sejalan dengan visi UNIDAYAN untuk menjadi kampus unggul di Indonesia Timur tahun 2035.

Admin,
Yamin